Siapakah penemu pesawat terbang



Pesawat terbang, siapakah manusia yang tidak mengenal satu alat transportasi ini, dimana perannya dalam kehidupan modern saat ini memiliki sangat  banyak fungsi, selain sebagai moda transportasi manusia maupun cargo / barang juga banyak digunakan sebagai alat perang / militer.

Tapi tahukah anda siapakah orang yang pertama kali berhasil membuat dan menerbangkan pesawat?
Yaitu 2 bersaudara wilbur wright dan orville wright, yang dilahirkan dan besar di amerika serikat.
mereka banyak dikenal dengan sebutan wright brothers.

  • Orville wright lahir 19/8/1871 meninggal tahun 1948
  • Wilbur wright lahir 16/4/1867 meninggal tahun 1912 
Pada awalnya, ada salah satu hal yang membuat mereka terobsesi dengan benda terbang, yaitu ketika tahun 1878 dimana mereka mendapatkan mainan yang diberikan oleh sang ayah. 
Mainan yang memiliki bentuk mirip dengan helikopter inilah yang menjadikan mereka tertarik dengan dunia penerbangan. 

Selepas mereka dewasa dan pada tahun 1889 mereka berbisnis bersama dengan menerbitkan surat kabar mingguan yang dinamakan west side news.
Beberapa tahun setelahnya mereka juga menerbitkan surat kabar harian pendek yaitu the evening item. 

Kemudian pada tahun 1892 mereka kembali mendirikan usaha baru, yaitu dalam bidang perbaikan dan penjualan sepeda. Usaha ini mereka namakan wright cycle company. Dari usaha inilah mereka mampu mendanai dalam riset pengembangan pesawat terbang pertamanya. 

Setelah melakukan berbagai penelitian dan percobaan, akhirnya pada 17 desember 1903 mereka berhasil menerbangkan sebuah pesawat di kitty hawk north carolina amerika serikat dan mereka menamai pesawat tersebut dengan wright flyer.

Kecelakaan penerbangan pertama kali

Setelah mereka berhasil menerbangkan pesawat untuk pertama kalinya pada tahun 1903. Mereka terus melakukan riset dan mengembangkan hasil temuannya tersebut.

Mereka menawarkan sebuah pesawat dengan 2 penumpang kepada angkatan darat amerika serikat. Setelah pihak angkatan darat tertarik dengan hal tersebut maka mereka meminta kepada wright bersaudara untuk mendemonstrasikan pesawat tersebut.

Hingga akhirnya pada 17 september 1908 orvile wright mendemonstrasikannnya di fort myer, virginia.  Orvile tidak terbang sendiri, melainkan dengan seorang staf angkatan darat bernama letnan thomas selfridge sebagai penumpangnya.

Selang beberapa menit setelah mengudara, baling-baling pesawat yang terbuat dari kayu tiba-tiba hancur sehingga mengakibatkan pesawat berputar diluar kendali dan pada akhirnya jatuh ke tanah.

Tim penyelamat segera bergegas melakukan efakuasi, dimana pada saat itu letnan thomas selfridge dalam keadaan tidak sadarkan diri dan meninggal beberapa jam kemudian di rumah sakit.

Sementara itu orvile wright mengalami  patah kaki, cedera punggung dan 4 tulang rusuknya patah.


Posting Komentar

0 Komentar