sejarah penemuan telephone yang perlu diketahui

Pada awalnya sebelum ditemukan telephone, alat komunikasi jarak jauh yang digunakan untuk berkomunikasi adalah menggunakan telegraf. Hingga akhirnya pada tahun 1876 telephone pertama kali ditemukan oleh alexander graham bell. 
Dengan ditemukakan telephone sehinga lebih mempermudah dan lebih praktis di dalam berkomunikasi. 

Akan tetapi sepertinya sejarah harus ditulis ulang,dimana setelah lebih dari satu abad dimana kebanyakan orang mempercayai penemu telephone adalah alexander graham bell.  Ada beberapa nama baru yang muncul dan diperdebatkan, Salah satunya adalah elisha grey dan antonio meucci. 

Hingga akhirnya pada tanggal 11 juni 2002 kongres di amerika serikat Menetapkan dimana antonio meucci adalah penemu telephone yang pertama kalinya. 

Antonio santi giussepe meucci dilahirkan di italia, tepatnya dikota florence pada tahun 1808. Dia adalah anak pertama dari sembilan bersaudara dari orang tuanya yang bernama Amatis meucci dan Domenica pepi. 
Ayahnya adalah seorang polisi  dan seorang pegawai pemerintahan setempat dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. 

antonio meucci terdaftar pada sebuah universitas yang bernama Florence academy of fine arts pada saat usianya baru beranjak 15 tahun. Disana dia mengambil jurusan teknik mesin dan kimia. 
Hingga setelah menempuh pendidikan selama dua tahun dan mengalami keterbatasan dana hingga pada akhirnya dia melakukan pekerjaan sambilan sebagai petugas bea cukai. 
lalu mendapatkan tawaran bekerja menjadi teknisi panggung pada salah satu opera house bersejarah di kota florence yaitu theatro della pergola. 
Dan ditempat ini jugalah dia menemukan tambatan hatinya seorang designer kostum  yang bernama esterre mochi dan dinikahinya pada 7 agustus 1834.

Penemuan telephone pertama kali

Pada tahun yang sama yaitu 1834 antonio meucci merancang sebuah perangkat komunikasi yang digunakan antara panggung dan ruang kontrol theater. 
Akan tetapi karena situasi politik yang tidak mendukung dan bahkan sempat menjebloskannya kedalam penjara selama tiga bulan, akhirnya antonio meucci beserta istrinya bermigrasi ke havana kuba pada tahun 1835.

Di havana kuba antonio meucci juga bekerja pada sebuah gedung theater bernama Gran teatro de tacon. menjadi seorang chief enginer. 
Juga mendirikan sebuah perusahaan Electro plating / penyepuhan listrik. dan terus melakukan experiment-experiment nya hingga pada tahun 1848. 
Dia memiliki ketertarikan dalam dunia listrik dan penyembuhan rasa sakit. 

pada akhirnya pada tahun 1849 dia menemukan efek elektrofonik saat melakukan perawatan kepada seorang pasien yang mengalami migrain sehingga karena rasa penasarannya menjadikannya terus melakukan experiment dan menghasilkan sebuah perangkat yg diberikan nama Talking telegraph  dan menjadikannya cikal bakal telephone yang pertama kalinya. 

Mengembangkan exsperiment

Pada tahun 1850 Antonio meucci dan keluarganya berpindah ke amerika serikat dan menetap di new york city. 
disana mendirikan usaha lilin dan pembuatan bir. 

Tidak berhenti disitu, di amerika serikat dia terus mengembangkan experiment nya dalam dunia komunikasi dan bahkan berhasil melakukan panggilan melalui kawat pada tahun 1856.

Juga berhasil mengembangkan lebih dari 30 jenis telephone berdasarkan prototype yang dibuatnya pada tahun 1870.

Hak paten dan finansialnya

walau bagaimanapun semangat antonio meucci dalam mengembangkan prtotype telephone semakin kuat. 
Hingga pada akhirnya dia membuat kesepakatan dengan Angelo antonio tremeschin, Sereno G.P breguglia tremeschin dan angelo zilio gandhi di dalam mendirikan sebuah perusahaan yang diberikan nama telettronfo company. 

Pada akhirnya mereka bersiap untuk mengajukan hak paten atas penemuan penamuan tersebut. 
Akan tetapi karena ada kendala dalam keterbatasan dana, mereka hanya bisa mengajukan hak paten sementara. 
Dan disini sangat disayangkan, dimana pengacaranya tidak mampu memahami akan hasil penemuan antonio meucci tersebut sehingga sang pengacara tidak memasukkan hal tentang penemuan transmisi suara berbasis elektromagnetik itu. 

kerjasama yang meucci lakukan bersama ke tiga orang tersebut akhirnya bubar. Kesehatan meucci yang terus mengalami penurunan dan memerlukan banyak biaya untuk pengobatan dan meucci juga terkendala dalam hal keuangan pun hanya dapat memperpanjang hak patent nya sampai dengan tahun 1874.

hingga akhirnya alexander graham bell pada tahun 1876 mengajukan dan memiliki hak paten perangkat  telephone yang berbasis sinyal elektromagnetik dan dikenal masyarakat luas hingga lebih dari satu abad. 

Antonio meucci meninggal saat berusia 81 tahun karena sakit yang dideritanya pada tahun 1889.




Posting Komentar

0 Komentar