sejarah dan kontroversi penemu bola lampu pijar


Selama ini dari buku sejarah yang dipelajari mengatakan bahwasanya penemu dari bola lampu pijar adalah Thomas Alva Edison. 
Akan tetapi sebelum alva edison mendapatkan hak patennya pada tahun 1879 hal ini sempat banyak mendapatkan masalah kontroversi tentang siapakah penemunya pertama kali 

Seorang penemu asal inggris bernama Humphry Davy disebutkan telah menciptakan sebuah lampu listrik pada tahun 1802 atau 70 tahun sebelum alva edison mulai menemukan bohlam lampu pijarnya. 

Tahun 1840 penemu lain seperti Warren De La Rue juga sudah menggunakan tabung vakum dan ber eksperiment dengan menggunakan berbagai jenis filament. 

Joseph Wilson Swann dari inggris pada awal 1870 an juga telah melakukan demonstrasi contoh lampu ciptaannya di new castle inggris. 
Dia juga memegang kehormatan dimana rumahnya merupakan tempat pertama yang diterangi oleh cahaya lampu listrik. 

Di lain sisi bahkan alva edison baru mulai memgembangkan bola lampunya pada tahun 1878.
Akan tetapi dia memiliki beberapa kelebihan dengan bola lampu pijarnya, dimana menggunakan filament yang lebih tahan lama menggunakan karbon dan kemudian menggunakan bambu yang dikarbonisasi. 
Sehingga bola lampu temuannya memiliki ketahanan yang lebih baik, bahkan bisa bertahan hingga ber bulan bulan. 

Sedangkan dari informasi, hak paten yang alva edison dapatkan, hanya menyebutkan bahwa penemuan tersebut hanyalah tentang Perbaikan lampu listrik. 
Dan untuk penemuan bola lampu yang pertama kali, seharusnya ditujukan kepada Warren De La Rue. 
Dimana dia adalah yang pertama kali mengalirkan listrik melalui filamen dalam tabung vakum. 

Posting Komentar

0 Komentar