sejarah awal gelombang radio

Sebelum munculnya era komunikasi melalui internet yang meluas, anda yang mengalami masa masa sebelum tahun 2000an pasti sangat mengetahui akan benda ini, yaitu adalah radio. 

Menjadi salah satu media informasi dan hiburan yang paling banyak digunakan dan dimiliki masyarakat. 

Cara kerja dari radio adalah menggunakan transimisi gelombang tak kasat mata yang dinamakan dengan transmisi gelombang radio. 

Akan tetapi tahukah anda siapa penemu dari gelombang radio tersebut? 

Dia adalah seorang italia bernama Guglielmo marconi. 
karena jasa dan penemuannya yang merubah sejarah dia pun mendapatkan penghargaan nobel. 
Dari penelitiannya tentang transmisi sinyal tanpa kabel dijadikan sebagai landasan dasar untuk perangkat teknologi modern yang juga banyak digunakan hingga saat ini. 

Biodata singkat 

Guglielmo moarconi dilahirkan dari sebuah keluarga kaya raya dan terpandang di kota bologna pada 25 april 1874. 
Marconi memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi dan sangat luas. 

Pada awalnya marconi memiliki ketertarikan dalam bidang sains dan kelistrikan sehingga dia memilih melanjutkan kuliah di institut teknik livorno dan iniversitas bologna pada tahun 1894. 
Disini dia mulai melakukan experiment experimentnya tentang gelombang radio. 

Awal penemuan gelombang radio

Marconi mengagumi penemuan gelombang tak kasat mata yang dihasilkan oleh interaksi elektromagnetik dimana penemuan tersebut ditemukan oleh dua orang fisikawan jerman Heinrich Rudolf Hertz dan Oliver Lodge. 

Marconi mulai mengembangkan sistem awal dari telegraf tanpa kabel dimana berhasil mengirimkan sinyal dengan jarak satu mil / 1,6km dari alat yang di rancang dan dibuatnya.

Sadar akan penemuannya yang akan mendatangkan manfaat yang besar, akhirnya marconi berkeliling mencari dan menawarkan investasi bagi orang yang mau mendanai penelitiannya. 

Sangat disayangkan, dinegaranya italia tidak ada satupun orang yang mau berinvestasi kepadanya bahkan termasuk pemerintah pada waktu itu. 
hingga akhirnya marconi mencoba peruntungannya dengan pergi ke london inggris. 

Di inggris setelah dia menawarkan dan memaparkan hasil penemuannya, banyak sekali pihak yang tertarik untuk berinvestasi kepadanya, salah satunya adalah dari kantor pos inggris. 

Setelah mendapatkan sumber dana investasi, dia pun terus melakukan penelitian hingga setahun kemudian alat rancangannya mampu mengirimkan sinyal dengan jarak 12mil / 19km.
dari situ marconi mulai mendaftarkan hak paten atas penemuannya. 

Pada tahun 1899 di kota london marconi pun mulai mendirikan perusahaan telegraf yang dia berikan nama marconi telegraph. 

Tidak puas sampai disitu, marconi terus mengembangkan penelitian akan alat yang ditemukannya hingga jarak yang dihasilkan bisa semakin jauh. 
Ketika pada tahun 1899 alat pemancar yang ditemukan marconi bahkan sudah mampu melintasi selat inggris. 

pada tahun itu juga marconi menuju ke amerika serikat dan menawarkan peliputan dan penyiaran tanpa kabel sebuah lomba yacht dari lepas pantai new jersey amerika serikat. oleh karena hasil presentasinya marconi dan hasil temuannya pun semakin diketahui dan dikenal luas oleh publik. 

Setelah itu marconi mencoba lagi dengan mengembangkan jarak penyiaran jarak jauh agar dapat melintasi samudera atlantik. 
pada waktu itu banyak para ilmuan dan para ahli yang meremehkan marconi. 
Mereka berfikir, bahwasanya sebuah sinyal hanya dapat berjalan tegak lurus dan tidak akan mampu melalui garis cakrawala. 

Ternyata mereka salah, ternyata alat yang ditemukan oleh marconi mampu berjalan mengikuti arah dan bentuk planet bumi. 
penemuan gelombang tanpa kabelnya berhasil melintasi samudera atlantik. 
Dari cornwall inggris sampai dengan markas militer di Newfoundland. 

Tahun 1902 marconi pun berlanjut mendirikan perusahaan telegraf tanpa kabelnya antar lintas atlantik dari Glace bay di nova scotia, cliffen irlandia hingga ke kanada. 

Penghargaan nobel serta kontroversinya

Berkat penemuannya dalam bidang komunikasi nirkabelnya, akhirnyapada tahun 1909 marconi mendapatkan hadiah nobel fisikawan. 
Juga bersama dengan seorang fisikawan jerman Karl braun yang menemukan tabung sinar katoda. 

Penghargaan nobel yang didapatkan marconi, ternyata juga sempat mendapatkan kontroversi. 
Dimana waktu itu banyak beberapa pihak yang mengklaim sebagai orang yang lebih dahulu menemukan gelombang transmisi radio. 

Diantaranya:

Fisikawan rusia alexander popov yang mengklaim pada tahun 1895 sudah mampu melakukan siaran antara gedung gedung di rusia. 

Jagdish Chandra Bose dari india juga mengklaim telah menggunakan gelombang radio untuk membunyikan lonceng dan pemicu ledakan. 

juga nikola tesla seorang keturunan amerika-serbia yang juga mengklaim pada tahun 1893 sudah mengembangkan gelombang radio yang digunakan untuk telegraf. 

Atas berbagai ajuan dan penelusuran atas  klaim tersebut, akhirnya pada tahun 1943 mahkamah agung di amerika serikat membatalkan hak paten marconi sejumlah empat buah dalam bidang penemuan gelombang radionya. Dan memberikan hak paten tersebut kepada nicola tesla. 

Posting Komentar

0 Komentar