penemu handphone dan perkembangannya




Saat ini Siapa yang tidak mengenal dan menggunakan salah satu alat komunikasi paling banyak yang satu ini? 
Handphone / ponsel (telephone seluler) itulah namanya, mulai dari anak anak kecil hingga para orang tua semua menggunakannya. 

Hingga saat ini negara kita indonesia memiliki dua jenis jaringan telephone seluler yaitu GSM (Global System for Mobile Telecomunication) dan sistem CDMA (Code Division Multiple Access). 

Sebelum berkembang dan menjelma menjadi sebuah gadget (sebutan handphone pintar / smartphone) sepeti yang sekarang kita tahu, pada awal ditemukannya handphone hanya dapat digunakan untuk melakukan panggilan seperti halnya sebuah telephone kabel konvensional. 

Penemu handphone / ponsel

perangkat telephone seluler ditemukan pertama kali pada 03 april 1973 oleh seorang karyawan motorola bernama Martin Cooper. Dia memiliki keinginan menciptakan suatu alat Komunikasi berbentuk kecil dan fleksible, sehingga mudah dibawa kemanapun bepergian. 
Meskipun begitu, banyak juga yang menyebut bahwasanya perangkat telephone seluler ditemukan oleh sebuah tim dari sebuah divisi tempat martin cooper bekerja. 
model pertama yang berhasil diciptakan saat itu diberikan nama DynaTAC. 

Pada awalnya dengan teknologi yang tersedia pada zaman tersebut, cooper dan timnya mengalami banyak kendala didalam memasukkan komponen komponen elektronik kedalam sebuah alat yang berbentuk kecil. 
walaupun pada akhirnya sukses menciptakan sebuah telephone genggam untuk pertama kalinya dengan memiliki bobot seberat 2 kg dan membutuhkan biaya senilai US$ 1juta.

Setelah berhasil menciptakan telephone genggam pertamanya, mereka juga dihadapkan dengan kendala mengadaptasi infrastruktur untuk menunjang kinerja dari telephone genggam tersebut. 
Dibutuhkan sebuah system jaringan sebesar 3 MHz spektrum, dimana itu setara dengan lima channel televisi yang dipancarkan ke seluruh penjuru dunia. 

Ada lagi seorang tokoh lain yang juga dianggap sangat berjasa didalam telekomunikasi berbasis seluler, dia adalah seorang ahli kelahiran philadelphia 12 maret 1918 bernama Amos Joel Jr. 
Ia mendapatkan gelar dari MIT berupa bachelor tahun 1940 dan gelar master pada tahun 1942 di dalam teknologi elektonik. 

Setelah menyelesaikan studinya, amos joel jr mengabdikan dirinya pada Bell telephone laboratories selama 43 tahun ( Juli 1940 -maret 1983).
Disini dia mendapatkan lebih dari 70 hak patent pada bidang telekomunikasi, khususnya pada bidang switching. 
Dia menghasilkan sebuah sistem penyambung / switch dimana sebuah perangkat telephone genggam dari satu wilayah sel kepada sel yang lainnya. 
Switching ini haruslah bekerja apabila seseorang pengguna telephone genggam berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain sehingga komunikasi tidak terputus.
oleh karena penemuannya inilah hingga sekarang penggunaan telephone genggam ini menjadi lebih nyaman. 

Posting Komentar

0 Komentar