Biografi nicola tesla sang ahli listrik


Siapa yang tak mengenal sosok ini, nikola tesla namanya. Seseorang yang memiliki segudang penemuan dalam berbagai bidang teknologi khususnya dalam bidang teknologi listrik. 

Nikola tesla ialah salah satu orang terpenting yang memiliki peran Terjadinya pergeseran penggunaan dan pemanfaatan energi meggunakan energi listrik (electrical age). 

Pada masanya sebelum penggunaan energi listrik digunakan untuk menunjangan kehidupan,
manusia menggunakan teknologi pemanfaatan energi dari air (uap), gas dan berbagai sumber energi yang mana dalam penggunaannya sangat tidak efisien. 

Masa kecil nikola tesla

Tesla dilahirkan disebuah desa bernama Miljan yang berlokasi di kerajaan austria pada 10 juli 1856.
Sekarang wilayah tersebut terdapat di negara Kroasia. 
Pada masa kelahirannya, kerajaan austria sedang mengalami ketegangan politik yang sangat panas, bahkan juga diseluruh eropa. 
Ayah tesla merupakan seorang pendeta sedangkan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga.
Dimana ibunya miliki bakat untuk menciptakan alat alat rumah tangga yang bermanfaat. 

Pada awalnya sang ayah menginginkan agar anaknya kelak meneruskan cita cita sang ayah agar menjadi seorang pendeta atau menjadi seorang tentara. 
Akan tetapi tesla sama sekali tidak tertarik dengan apa yang diinginkan ayahnya tersebut dan justru sangat mengagumi segala hal tentang listrik. 
bermula ketika tesla masih sekolah dan takjup dengan apa yang dipraktekkan oleh profesornya dengan penggunaan listrik. 

Saat berusia 17 tahun, tesla sempat mengidap penyakit kolera yang sangat parah.
Berbulan bulan tesla hanya terbaring di tempat tidur. 
Pada saat dia sakit tersebut, tesla pernah berkata kepada ayahnya bahwa jika dia sembuh nanti akan melanjutkan kuliah dalam bidang teknik, dan ayahnya menyetujuinya. 

Setelah sembuh, akhirnya tesla pun segera melanjutkan ke universitas Graz university Of technology mengambil bidang teknik sesuai yang dia inginkan sebelumnya. 

Pada masa awal kuliahnya, tesla sama sekali tidak merasakan kesulitan untuk mendapatkan nilai yang membanggakan. 
Tapi setelah dua tahun menempuh pendidikan di Graz university, tesla mulai kecanduan judi yang mengakibatkan dia dikeluarkan dari universitas tempatnya menempuh pendidikan. 

Ada beberapa kemampuan tesla yang jarang dimiliki oleh manusia pada umumnya, diantaranya tesla menguasai delapan macam bahasa, Selain itu tesla juga memiliki kemampuan eidetic memory yaitu kemampuan untuk mengolah segala sesuatu pemikiran secara langsung didalam kepala tanpa harus melakukan penghitungan / corat coret di dalam kertas. 
Oleh karena kemampuannya tersebut, bahkan tesla sempat dituduh mencontek saat mengerjakan soal integral kalkulus karena tesla sama sekali tidak memegang alat tulis untuk menghitung. 

Awal karier nikola tesla

Saat berumur 25 tahun, nikola tesla Berpindah ke budapest hungaria untuk bekerja pada sebuah perusahaan telegraf. 
Setahun kemudian berpindah ke perancis dan bekerja di sebuah perusahaan yang merupakan anak perusahaan milik thomas alva edison

Karena kinerja tesla yang sangat bagus saat ditugaskan untuk Memperbaiki dan mendesain alat alat listrik diperusahaan tersebut, akhirnya tesla mendapatkan kesempatan langsung untuk bekerja dengan thomas alva edison. 

Hingga akhirnya pada usaianya yang ke 28 tahun, nikola tesla pun pergi ke amerika untuk bekerja langsung kepada thomas alva edison. 
Tapi tidak bertahan lama, tesla hanya bertahan selama enam bulan bekerja diperusahaan tersebut. 

Hingga kemudian tesla yang sempat terkatung katung hingga mengenal seorang sosok Alfred brown yang merupakan seorang yang sangat berpengalaman didalam mempromosikan sebuah penemuan maupun hak paten. 
Alfred brown kemudian bersama seorang temannya Charles peck sepakat untuk menjadi penyokong sekaligus penyandang dana untuk riset tesla sekaligus memanagement keuangan dan patennya. 
Mereka mendirikan perusahaan Tesla electric company dimana hasil keuntungan dari perusahaan tersebut akan diberikan sepertiga kepada tesla, sepertiga untuk dana riset berkelanjutan dan sepertiganya lagi untuk Alfred brown dan charles peck. 


Mereka mendirikan sebuah laboratorium di manhattan dan tesla pun mulai mengembangkan motor listrik AC (Alternaring Current) yang sudah lama selalu tesla ingin wujudkan. 
Setelah selesai dan menghasilkan motor AC, hingga pada akhirnya tahun 1887 brown dan peck sangat menyadari bahwa sistem motor yang tesla temukan sangat luar biasa dan mendorong tesla agar segera mematenkan akan temuannya. 

Pada masa itu banyak perusahaan yang meragukan akan temuan tesla, hanya ada sebuah pengusaha yang tertarik yaitu George wetinghouse.  
Dimana sebelumnya perusahaan milik george juga sudah melakukan penelitian tentang listrik AC, akan tetapi sistem yang ditemukan oleh tesla berjalan lebih sempurna dan lebih baik. 
Di lain sisi, edison yang masih berkutat dengan sistem listrik DC nya tidak menyadari bahwa temuan dari tesla bakal menyainginya dalam dunia industri listrik. 

Lama kelamaan setelah perkembangan listrik AC yang semakin signifikan, menjadikan edison gerah dan melakukan berbagai cara untuk menjatuhkan pihak tesla. 
Dimana saat itu ada dua perusahaan listrik yang saling bersaing, yaitu edison dengan perusahaan Edison Electric Light Company dan pihak westinghouse dengan Westinghouse Electric Company dengan dukungan dan paten dari tesla. 
Pihak edison melakukan berbagai macam cara untuk menjatuhkan saingannya, salah satunya dengan cara menyetrum beberapa binatang hingga mati dan menyatakan bahwa listrik arus AC sangat berbahaya bagi manusia. 

Akan tetapi karena penyempurnaan yang dilakukan tesla dan untuk membuktikan kepada masyarakat waktu itu bahwa listrik arus AC aman digunakan, tesla pun melakukan sebuah uji diatas panggung dan menyetrum dirinya sendiri menggunakan listrik arus AC temuannya. 
Dan semua tuduhan tuduhan yang dipaparkan edison pun tidak terbukti. 
Bahkan para investor yang mendukung dana buat edison pun meminta semua perusahaan milik edison agar merubah menggunakan listrik AC. 

Perusahaan Westinghouse memenangkan tender proyek yang akan menggunakan air terjun niagara sebagai sumber pembangkit energi listrik. 
Tesla dan westinghouse pun kemudian membangun sebuah pembangkit listrik bertenaga air pertama yang ada didunia. 
Sehingga akan temuannya tesla berhasil menerangi kota new york dengan listrik AC nya. 

Masa tua tesla

Nikola tesla menghabiskan seumur hidupnya untuk ilmu pengetahuan dan dia sama sekali tidak pernah menikah. Karena menurutnya menikah itu akan menghambatnya didalam bekerja untuk menghasilkan penemuan yang akan lebih berguna dalam hidup. 

Sangat disayangkan karena hak paten akan temuannya yang hanya 17 tahun, mengakibatkan setelah habis hak patennya tersebut dia tidak mempunyai penghasilan.
sehingga disaat tuanya tesla hidup dalam keadaan miskin. 
Nikola tesla meninggal saat berumur 86 tahun, yaitu pada 7 januari 1943.

Selain listrik AC, ada banyak temuan temuan tesla yang sangat mengagumkan dan melebihi teknologi pada zamannya. 
Antara lain penemuan radio, Tesla coil, sinar X-ray, wardenclyffe tower dan masih banyak lagi dimana akan kita bahas satu per satu pada artikel selanjutnya. 

Salam

Posting Komentar

0 Komentar