Aplikasi chatting whatsapp dan sejarah perjalanannya


Smartphone saat ini menyediakan berbagai kemudahan kemudahan didalam telekomunikasi,salah satunya adalah Whatsapp.
hampir semua pengguna smartphone menggunakan aplikasi whatsapp ini. 
Menurut beberapa lembaga survey aplikasi, Di app store maupun di playstore aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi chatting yang paling banyak diunduh. 
Bahkan dikabarkan pengguna dari aplikasi whatsapp di seluruh dunia, melebihi dari 1,5 milyar. 
Whatsapp menggunakan koneksi data / internet untuk mengirimkan dan menerima file dari penggunanya. 

Ada beberapa kelebihan dari aplikasi ini, sehingga semakin banyak penggunaanya untuk berkomunikasi. Diantaranya memiliki fitur untuk mengirimkan text, voice, video, gambar dan berbagai fitur fitur lainnya. 
Selain itu juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan telephone maupun video call kepada sesama pengguna aplikasi, bahkan untuk versi terbaru, dapat digunakan untuk melakukan video call group dimana bisa terdapat beberapa pengguna sekali melakukan panggilan video. 

Selain itu, aplikasi ini juga tidak pernah menayangkan iklan seperti halnya aplikasi aplikasi lain. 
Sehingga pengguna aplikasi ini merasa nyaman dan tidak terganggu oleh iklan iklan tersebut. 

SEJARAH APLIKASI WHATSAPP

Aplikasi ini ditemukan oleh 2 orang sahabat yang merupakan mantan karyawan yahoo yang bernama Brian Acton dan Jan koum

Awal penemuan aplikasi ini berawal Ketika Acton dan Coum pada tahun 2007 mengundurkan diri bekerja dari yahoo, kemudian ke duanya melamar pekerjaan di facebook meskipun pada akhirnya ditolak.
Mereka hanya mengandalkan sisa tabungan senilai US$ 400ribu untuk bertahan hidup. 

Pada tahun 2009 koum membeli sebuah ipone dan dia menyadari akan potensi industri aplikasi di kemudian hari. 
Oleh karena femikirannya tersebut, akhirnya koum mengunjungi sahabatnya di San jose barat bernama Alex Fishman yang kemudian mengenalkannya kepada seorang pengembang dari rusia bernama Igor Solomennikov

Koum menamai aplikasi versi pertama dari buah pemikirannya tersebut dengan nama Whatsapp, dimana nama ini diambil agar memudahkan bagi penggunanya untuk mengingat nama aplikasi ini. 
akhirnya pada 24 februari 2009 koum resmi mendaftarkan aplikasi ini california. 

Setelah beberapa waktu berjalan, koum merasa frustasi dan menyerah karena banyak kegagalan pada awal aplikasi ini di kembangkan. 
Akan tetapi Acton terus mendorongnya agar Koum menunggu beberapa bulan lagi untuk mengevaluasi dari aplikasi tersebut. 

Pada bulan juni tahun 2009, Apple meluncurkan notifikasi push dimana akan memungkinkan pengguna melakukan ping saat mereka tidak menggunakan aplikasi. 
Kemudian koum melakukan perubahan pada aplikasi yang dikembangkannya sehingga ketika status pengguna whatsapp diubah, yang menjadikan semua orang pada jaringan tersebut dapat mengetahuinya. 

Setelah koum mengembangkan whatsapp ke versi 2.0, jumlah pesan dan pengguna aplikasi whatsapp mengalami peningkatan sejumlah 250.000 pengguna. 
Kemudian Acton mulai bergabung dengan  Koum dan pada bulan oktober 2009 Acton membujuk beberapa temannya di yahoo agar menginvestasikan US$ 250 ribu untuk mengembangkan whatsapp. 

Aplikasi ini menggunakan nomoer telephone penggunanya sebagai pin, sehingga tidak perlu repot repot untuk memasukkan pin teman seperti halnya aplikasi chatting yang lainnya. 
Ketika nomor telephone teman kita sudah  tersimpan dalam phonebook, maka secara oomatis apabila pengguna dengan nomor telephone tersebut juga menggunakan whatsapp, maka dengan sendirinya kontak tersebut akan muncul di aplikasi whatsapp. 

Setelah beberapa bulan hanya aplikasi whatsapp beta yang diluncurkan ke publik, Akhirnya pada bulan november 2009 Whatsapp resmi diluncurkan secara exklusif di App store iphone. 
Perkembangan tidak selesai disitu, kemudian koum menyewa seorang temannya di los angeles untuk mengembangkan whatsapp versi blackberry. 
Dimana aplikasi ini resmi diluncurkan untuk blackberry dua bulan setelahnya. 

Dua tahun kemudian tepatnya pada bulan april tahun 2011, whatsapp medapatkan suntikan investasi senilai US$.8 juta untuk 15% nilai dari perusahaan. 
Hal ini merupakan hasil dari beberapa bulan negosiasi dengan Jim Goetz sebagai mitra Sequoia. 

Perkembangan dan pengguna dari whatsapp kian hari semakin meningkat, tercatatpada bulan February tahun 2013 Whatsapp memiliki pengguna aktif lebih dari 200juta orang dan whatsapp sendiri miliki 50 staf operasional. 
Sehingga Sequoia semakin berminat untuk menginvestasikan modalnya lagi senilai US$.50juta.
Dan whatsapp sendiri memiliki nilai lebih dari US$.1,5 milyar. 
Pada bulan desember 2013 Whatsapp memiliki pengguna aktif lebih dari 400 juta orang. 

Perkembangan demi perkembangan whatsapp semakin tahun semakin ditingkatkan dengan ikut serta menambahkan dalam berbagai system operasi mobile, antara lain : 

Pada bulan agustus 2014 whatsapp merilis pembaharuan untuk penggunaan aplikasi berbasis android. 

Pada Januari 2015 Whatsapp juga memgembangkan untuk penggunaan aplikasi web. 
Koneksi pada web dapat digunakan melalui sinkronisasi browser web dengan perangkat seluler. 

Akan tetapi pada 26 februari 2016, whatsapp justru mulai menghentikan dukungannya untuk sistem operasi Blackberry dan symbian mobile. 
Hingga selesai pada seluruh versi sistem operasi dari blacberry dan symbian hingga Akhir tahun 2017.
Kecuali pada Nokia series 40 hingga akhir 2018.


DIAKUISISI OLEH FACEBOOK

Meskipun facebook telah memiliki layanan Pesan instant sendiri, akan tetapi mereka tidak cukup puas dikarenakan tidak sesuai dengan yang Facebook harapkan. 
Sehingga mereka lebih memilih mengakuisisi whatsapp ke dalam layanannya meskipun memiliki nilai yang sangat tinggi. 
Hal ini sesuai yang telah diumumkan oleh pihak Facebook pada 19 february 2019.








Posting Komentar

0 Komentar